Syair Dan Puisi"Jallaludin Rumi"

Saturday



Photobucket

Cinta bagaikan sayap dengannya manusia terbang di angkasa menggerakkan ikan menuju jala sang nelayan menghantar si kaya meraih bintang di langit ketujuh Cinta berjalan di gunung maka gunungpun bergoyang menari

Tidak setiap kita berhak dicintai karena syarat dicintai adalah akhlak dan keutamaan namun ambil bagianmu sebagai pecinta dan nikmatillah Jika dirimu tidak menjadi yang dicintai, maka jadilah yang mencintai.

Dunia tersembunyi memiliki awan dan hujan, tetapi dalam jenis yang berbeda. Langit dan cahaya mataharinya, juga berbeda.

Ini tampak nyata, hanya untuk orang yang berbudi halus mereka yang tidak tertipu oleh kesempurnaan dunia yang semu.

“Orang harus mendobrak dan mematahkan batas-batas pemikiran untuk menyaksikan kekuatan cinta yang tertinggi, dan untuk mencerap kebesaran Allah Tercinta

Mari Kemari datang Datanglah Mari Kemari Datanglah Siapa Pun Dirimu. Pengelana, Peragu, dan Pecinta.
Mari Kemari Datanglah Tak Penting Kau Percaya atau tidak.
Mari, kemari Datanglah Kami Bukanlah Caravan Yang Patah Hati Atau Pintu-Pintu dari Keputusasaan,
Mari Kemari Datanglah Meski Kau Telah Jatuh Ribuan kali,
Meski Kau Telah Patahkan Ribuan Janji,
MariKemar datang datanglah Sekali Lagi
.
Apabila kamu selami sifat"mu sendiri, kau akan tau betapa keburukan berasal dari dirimu sendiri

Jangan pernah katakan "Tuhan aku punya masalah besar, tp katakan wahai masalah besar aku punya Tuhan Yang Maha Besar

Begitu aku mendengar kisah cinta pertamaku,aku mulai mencariMU,tak tahu seberapa butakah itu. Pecinta akhirnya tidak bertemu disuatu tempat.Mereka bersama sama satu sama lain.

memahami al-qur'an itu sprti kita melihat cewek yg brcadar,ketika cadar itu terbuka maka mata kita terbelalak oleh kecantikanya dan begitu pun al-qur'an kalu kita smpai memahami al-qur'an sampai makna mutasabihatnya pasti kita akan terbelalak oleh ke mu'jijatanya

cinta letaknya di hati. Meskipun tersembunyi, namun getarannya nampak sekali. Ia mampu mempengaruhi fikiran sekaligus memberi kesan kepada tindakan.

Sungguh, cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.

Cinta mampu melembutkan besi, menghancurkan batu karang, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat hamba menjadi pemimpin. Inilah kedahsyatnya cinta!"

Cinta adalah warisan Sang Adam sedangkan kecerdikan itu barang dagangan syetan tempat si cerdik dan bijaksana bersandar pada jiwa dan akalnya Cinta berarti penyerahan dri karena akal bagaikan seorang perenang yang terkadang sampai ke tepian sering juga tenggelam di tengah jalan Tak sebanding dengan Cinta ini ibarat bahtera Nuh yang terselamatkan.

Di jalan kebenaran pencinta tak mencari mencari apa yang tak dilihat oleh kekasihnya Jika cahaya Cinta menerobos kalbu kita, artinya Cinta telah bersemayam di hati si dia Bila Cinta Tuhan menyala dalam hatimu, tentu Tuhan telah mencintaimu.

Suara tepukan tidak akan terdengar dari tangan yang bertepuk sebelah tangan Tuhan telah menetapkan bahwa kita adalah pencinta satu dengan yang lain.

Karena ketentuan itulah setiap hal di muka bumi diberi pasangan Di mata orang arif, Langit adalah lelaki dan Bumi adalah perempuan Bumi menerima saja apa yang diturunkan Langit ke haribaan dan rahimnya.

Jika bumi kurang panas, Langit mengirimkan panas Jika bumi kurang segar, Langit menyegarkan bumi yang lembab Langit berputar menurut sumbunya, bagaikan suami mencari nafkah bagi istrinya Dan Bumi sibuk mengurus rumah: ia menunggui dan menyusui bayi yang dilahirkan.

Perumpamaan Bumi dan Langit adalah seperti bakat dan kepandaian Yang satu memerlukan yang lain untuk hidup dan maujud Tanpa Bumi bagaimana kembang dan pepohonan berbunga? Tanpa Bumi apakah Langit bisa menghasilkan air dan panas? Ketika Tuhan meletakkan nafsu berahi ke dalam diri lelaki dan perempuan Lihat, dunia telah berhasil diselamatkan oleh persatuan dari keduanya.

Begitulah Tuhan menanamkan keinginan dalam setiap bagian Dari keberadaan demi bagian keberadaan yang lain Siang dan Malam, dilihat dari luar saling bertentangan Namun untuk mencapai tujuan yang satu, mereka saling membantu Masing-masing saling mencinta untuk mencapai kesempurnaan Mereka saling memerlukan agar kerja mereka sempurna Tanpa Malam, hidup manusia tak akan membuahkan hasil, pun jika tanpa Siang.


«by;jalalludin rumi»
Comments
1 Comments

1 comments:

Sakahayang Kang Asep 18 Dec 2011, 01:02:00  

Saya suka sekali sama puisi-puisi Jalaludin Rumi,,, sufisme, ketauhidan, kemakrifatan,,, hemmm rangkaian kata-kata indah yang hanya bisa dinikmati qolbu.




(HAPPY BLOGGING)

Next Prev Home
*

traffic

Kembali ke ATAS