memahami makna bismillah

Friday



Dengan menyebut nama alloh yang mutlak didalam segala perkara yang ada di alam dunia ini tanpa kecuali apapun yang tampak di alam dunia ini tidak bisa luput dari asmanya,
di dalam asma itulah tersimpan makna batin (alif/al) maka bila di perjelas akan akan menjadi (al-bismillah)maka nampak jelas lahir dan batinnya.
Jika kita ingin mencapai ROHMAN dan ROHIMNYA maka kita harus bisa menghilangkan/menafikan rasa asma/keakuhan yang terdapat pada dirikita dan mengisbatkan(menetapkan) asmanya /keakuhannya hanya alloh.
kita akan tau alif yang tersembunyi jika mau memikirkan bismilahnya atau bisa di katakan (akan tau batinnya jika kita memahami dhohirnya). Itula alasan mengapa yang ditulis hanya (bismilahnya saja) tanpa alif.
Atau juga pada (alif lamim) kenapa maknanya dirahasiakan. Pepatah jawa mengatakan orang akan tau isi kacang jika dia mau mengupasnya. Merujuk pada sabda nabi: yang artinya Berfikirlah kalian semua kepada ciptaannya alloh dan jangan memikirkan kepada dzatnya alloh.
Di dunia ini janganlah kita hanya menghiasi diri dengan gemerlap dunia saja.. Mencari ilmu hanya untuk kepentingan dohir saja.
Ilmu dunia boleh dipelajari karena itu bekal untuk hidup didunia ini. Dan ilmu ahirat wajib di pelajari karena itu adalah panduan untuk menghadap sang illahi.
jika kita ingin di golongkan orang orang yang beriman coba kita simak ayat di bawah ini


artinya:wahai orang orang yang beriman maksuklah kamu kedalam islam dengan sempurna,dan jangan kau ikuti ajakan setan sesungguhnya dialah musuhmu yang nyata.

Berchagialah mereka yang sudah sempurna keimannya dan sllalu mengedepankan batiniyahnya untuk urusan lahirnya.
di dalam jiwa mereka selalu tumbuh rohman dan rhohimnya.orang yang demikian itu bisa di katakan orang yang bersyariat-thoriqot-hakikat-makrifat. Segala perbuatannya menjadi ibadah.
Sebagaimana di sebutkan ayat di bawah ini:


yang artinya: Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembahku.

untuk itulah semu aktifitas kita bisakah menjadi sesembahan terhadap gusti !!

Sesungguhnya ALBISMILAH itu jadi awalnya alqur an dan kitab semuanya.
juga menjadi ahir dari alqur an dan kitab semuanya. Dan juga menjadi awal dari jagad ini dan menjadi ahir dari jagad ini.karna alif lafad albismillah itu bermakna ahadiyah tegese:menunjukkan adanya tanda dzat kang sejati,nyata adanya tuhan,juga nyatanya adanya alloh belaka,ya itu kang duweni cahaya hidup,Tunggal dengan yang menghidupi,yaitu yang di artikan,banyu nur alif atau banyu suci sejati juga ratuneng banyu juga di artikan uripe alloh dan dikatakan urip tunggal karo pati, pati tunggal karo urip.

untuk itulah carilah mursyid yang mengerti ilmunya untuk membimbing kita menuju dzatulloh.agar kita tidak digolongkan kafir di hadapan alloh.
Mari kita sama sama menuju islam yang sempurna di hadapan alloh. .
Comments
2 Comments

2 comments:

Harun Ar 20 Jan 2012, 17:20:00  

Aku baru saja menunjukkan posting ini kepada seorang siswa smp, muridku. “Baca dan buat komentar” begitu perintahku. Selesai membaca, ia menoleh dan berkata “pak wes sholat rung?” Aku terkejut dan tidak menjawabnya..........
Sangat inspiratif. Aku yakin pertanyaan siswa-ku tadi bersumber dari membaca posting ini.
Demikian akhirnya aku sendiri yang menulis komentar ini.
TQ

olivia dewi 15 Mar 2012, 20:52:00  

Masya Allah, ini benar-benar sangat bermanfaat dan memberikan wawasan mengenai makna bismillah itu sendiri. Memang setiap orang tidak akan memahami jika ia tidak masuk lebih dalam untuk berusaha mencarinya. Intinya yang saya petik diatas, "lakukanlah, tidak perlu banyak mempertanyakan. Insya Allah pasti akan datang jawabannya dengan sendirinya."

terima kasih, sangat bermanfaat artikel diatas.

Salam
olivia dewi




(HAPPY BLOGGING)

Next Prev Home
*

traffic

Kembali ke ATAS